Mengenal Windows Registry

Mungkin anda pernah mendengar bahkan mungkin sering bermain-main dengan registri di windows, anda juga mungkin sudah tau tentang bahanya bermain-main dengan registri. Namun apakah anda tau registri itu sebenarnya apa? bagaimana dia bekerja?

Dalam sistem operasi windows registri bisa dikatakan jantung dari sistem operasi ini, registri adalah pusat database untuk sistem operasi Windows. Pengaturan dan informasi yang mengontrol konfigurasi hardware, konfigurasi sistem operasi, konfigurasi perangkat lunak, dan preferensi pengguna semua disimpan dalam registri. Jika Anda membuat perubahan ke pengaturan program, atau sesuatu yang sederhana seperti mengubah pengaturan tampilan, kemungkinan perubahan tersebut disimpan dalam registri Windows.

Registri dipenuhi dengan ribu entri. Hanya dengan satu kesalahan kecil pada registri dapat membuat kerusakan total pada sistem operasi.

Untuk melihat atau mengedit registry Windows termasuk program yang disebut RegEdit. Pada Windows XP klik Start> Run dan masukkan regedit.exe di kotak run dan kemudian klik OK. Pada Vista dan Windows 7 klik Start dan ketik "regedit" di kotak pencarian, di bagian bawah Start Menu, diikuti dengan tombol Enter. Jendela regedit bawah akan terbuka.



Setiap entri pada registri digolongkan pada kategori-kategori yang disebut dengan HIVE.
  • HKEY_CLASSES_ROOT - Tempat Penyimpanan informasi tentang program yang terinstall dan asosiasi file.
  • HKEY_CURRENT_USER - Tempat penyimpanan pengaturan khusus untuk pengguna saat ini. Jika komputer Anda sudah diatur dengan beberapa akun pengguna, maka disini tempat di mana pengaturan untuk setiap pengguna disimpan.
  • HKEY_LOCAL_MACHINE - Tempat penyimpanan pengaturan yang berlaku untuk semua pengguna komputer.
  • HKEY_USERS - Tempat penyimpanan untuk subkunci yang berhubungan dengan HKEY_CURRENT_USER untuk setiap account pengguna.
  • HKEY_CURRENT CONFIG - Tempat penyimpanan untuk entri yang dihasilkan selama proses booting. Hive ini sebenarnya dibuat ketika komputer boot dan tidak disimpan pada hard drive Anda.
Registri Windows sebenarnya terdiri dari beberapa file bernama SAM, SOFTWARE, SECURITY, dan SISTEM (perhatikan tanpa ekstensi file) yang terletak di folder c:\Windows\System32\Config. Kemudian sebuah file dengan nama NTUSER.DAT, yang terletak di c:\Documents and Settings <nama pengguna> untuk Windows XP dan c:\User <nama pengguna> untuk Windows Vista dan Windows 7. File-file ini berhubungan dengan HIVE diatas.
  • NTUSER.DAT - berisi  HKEY_CURRENT_USER.
  • SAM - berisi HKEY_LOCAL_MACHINE.
  • SECURITY - berisi HKEY_LOCAL_MACHINE.
  • SOFTWARE - berisi HKEY_LOCAL_MACHINE.
  • SYSTEM - berisi  HKEY_LOCAL_MACHINE.
Kita tahu di mana file-file registri berada dan apa yang mereka lakukan. Mari kita kembali ke Regedit dan melihat-lihat. Klik tanda panah di sebelah HKEY_CLASSES_ROOT dan Anda akan melihat tampilan yang mirip dengan gambar di bawah.




Ini semua adalah ekstensi file yang telah terdaftar pada komputer Anda. Ekstensi file menginformasikan Windows tentang program apa yang digunakan untuk jenis file tertentu.

Perhatikan pada kolom dengan label Type. Berikut adalah daftar Type pada yang digunakan dan fungsinya:

  • REG_BINARY - Nilai-nalai pada tipe ini akan berada dalam format biner. Biasanya digunakan untuk entri komponen perangkat keras.
  • REG_DWORD - Nilai-nilai ini umumnya "0" untuk pilihan tidak aktif atau "1" untuk pilihan diaktifkan.
  • REG_SZ - Nilai-nilai ini disimpan dalam format yang mudah dibaca seperti pada gambar di atas.
Saat menginstal sebuah program, pengaturan untuk program tersebut sering kali disimpan dalam registri.


Di sini Anda akan melihat beberapa program yang telah diinstal pada komputer. Setiap entri dibagi berdasarkan pembuatnya. Jika Anda memiliki lebih dari satu program yang diinstal dari pembuat yang sama, Anda akan menemukan entri untuk masing-masing program.
Lihat ke bawah pada entri Microsoft (HKEY_CURRENT_USER> SOFTWARE> MICROSOFT). Sangat menarik untuk dicatat bahwa Microsoft adalah daftar dari program dan fitur dari OS sini. Windows itu sendiri terdaftar di bawah folder Microsoft.

Sekarang mari kita liat entry Microsoft pada kategory lain (HKEY_LOCAL_MACHINE> SOFTWARE> MICROSOFT). Cari ke bagian bawah lagi pada Windows (HKEY_LOCAL_MACHINE> SOFTWARE> MICROSOFT> WINDOWS) dan memperluas. CurrentVersion harus menjadi entri pertama (HKEY_LOCAL_MACHINE> SOFTWARE> MICROSOFT> WINDOWS> CurrentVersion). Berikut ini adalah di mana Anda akan menemukan sebagian besar pengaturan yang mengontrol fungsi dan tampilan Windows.



 Sebagian besar entri cukup jelas jika dilihat dari namanya. Control Panel berisi pengaturan untuk Control Panel, Run berisi pengaturan program untuk dijalankan pada saat booting, Uninstall akan berisi string instalasi untuk sebagian besar program, dll.

Last Known Good Configuration

Pernahkah windows anda error sehinggamenyebabkan komputer harus direset? Jika pernah Anda mungkin telah mengenal tampilan dengan background hitam sebelum masuk windows yang menawarkan beberapa pilihan. Layar ini menawarkan beberapa pilihan: Safe Mode, Safe Mode with network, dan Last Known Good Configuration.

Apa yang dimaksud denga Last Known Good Configuration? Pilihan ini sangat penting karena dapat membantu pada keadaan tertentu. Setiap kali komputer dinyalakan biasanya ada cadangan yang dibuat untuk kategori Hkey_Local_MachineSystemCurrentControlSet dan 'sub kunci-kuncinya. Memilih Last Known Good Configuration menyebabkan Windows untuk memuat cadangan yang di tempat dari file registry yang saat ini saat boot. Jika masalah yang file asli mempunyai masalah registri, maka windows dapat dipulihkan dengan memilih pilihan itu.
thumbnail
Judul: Mengenal Windows Registry
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Software :

0 comments:

Posting Komentar

 
Template Seo Elite oleh Bamz