Pengertian Web Browser

Pengertian Web Browser

Web browser adalah sebuah aplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk mencari, mengambil konten dari World Wide Web (WWW), yang biasanya ditulis dalam kode HTML (HyperText Markup Language) atau bahasa lain, dari server web, menafsirkan kode ini, dan menampilkan hasilnya untuk penggunanya. Pada kebanyakan kasus, interaksi pengguna dibutuhkan untuk memberitahu browser situs web apa atau halaman web tertentu dia ingin lihat/kunjungi.

Dalam model client / server, browser bertindak sebagai klien yang berjalan pada sebuah komputer yang menghubungi web server dan melakukan permintaan informasi sebuah halaman web. Web server mengirimkan informasi kembali ke web browser yang menampilkan hasilnya pada komputer atau perangkat lain yang mendukung browser.

Browser yang ada saat ini adalah aplikasi multi fungsi yang dapat menafsirkan dan menampilkan halaman HTML Web, aplikasi, JavaScript, AJAX dan konten lainnya yang berada pada Web server. Banyak browser menawarkan plug-in yang memperluas kemampuan browser sehingga dapat menampilkan informasi multimedia ( video dan suara ), atau browser dapat digunakan untuk melakukan tugas-tugas seperti video conference, untuk merancang halaman web atau menambahkan filter anti-phishing dan fitur keamanan lainnya ke browser.

Alamat web, atau URL (Uniform Resource Locator), yang Anda ketik ke address bar browser memberitahu browser halaman mana yang harus diambilnya. Sebagai contoh, mari kita katakan bahwa Anda mengetik URL berikut ke address bar browser: http://yudkomputer.blogspot.com

Browser melihat URL ini tertentu dalam dua bagian utama. Yang pertama adalah protokol "http://". HTTP adalah singkatan dari HyperText Transfer Protocol, sebuah protokol standar yang digunakan untuk meminta dan mengirim file di Internet.

Karena browser sekarang tahu bahwa protokol yang akan digunakan HTTP, kemudian dia melihat ke tulisan berikutnya yaitu "yudkomputer.blogspot.com", yang memberitahu browser halaman mana yang harus dia ambil.

Ada Tiga browser yang paling populer saat ini yaitu Mozilla Firefox, Google Chrome dan Microsoft Internet Explorer.

Demikian artikel tentang Pengertiam Web Browser ini, mudah-mudahan ada manfaatnya untuk kita semua
thumbnail
Judul: Pengertian Web Browser
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Software :

0 comments:

Posting Komentar

 
Template Seo Elite oleh Bamz