Pengertian Intranet

Pengertian intranet
Pengertian intranet adalah istilah umum untuk koneksi jaringan komputer dalam sebuah perusahaan, sekolah, pemerintah atau organisasi. Intranet menggunakan teknologi jaringan sebagai media untuk memfasilitasi komunikasi antara orang atau kelompok kerja untuk meningkatkan kemampuan berbagi data dan informasi untuk seluruh anggota norganisasi.

Kata kunci untuk memahami pengertian intranet adalah kata "Intra" yang berasal dari bahasa latin yang berarti "didalam". intranet bekerja sama persis seperti Internet, namun jaringan jaringan ini berada didalam sebuah perusahaan, sekolah, pemerintah atau organisasi.

Contoh: sebuah sekolah mempunyai sebuah website yang disimpan pada web server yang terkoneksi dengan internet. Semua orang yang mempunyai akses internet dapat mengunjungi website tersebut dan website sekolah tersebut disebut dengan situs internet

Didalam jaringan sekolah terdapat lagi sebuah website yang dipergunakan untuk berbagai kegiatan sekolah, yang disimpan pada sebuah komputer yang bertindak sebagai web server dan hanya terhubung pada jaringan lokal (LAN) sekolah. Website ini hanya dapat diakses oleh seluruh warga sekolah yang terkoneksi dengan LAN sekolah. Nah website yang ini tidak dapat disebut dengan situs internet tetapi disebut dengan Situs Intranet

Intranet memanfaatkan perangkat keras jaringan standar dan teknologi perangkat lunak seperti Ethernet, Wi-Fi, TCP / IP, browser Web dan server Web. Intranet organisasi biasanya termasuk akses internet tetapi firewall sehingga komputer yang tidak dapat dicapai langsung dari luar.

Banyak sekolah dan kelompok-kelompok non-profit menggunakan intranet, tapi intranet masih dipandang sebagai teknologi yang digunakan untuk produktifitas perusahaan.

Sebuah intranet sederhana terdiri dari sebuah sistem email internal dan mungkin layanan papan pesan. Intranet lebih canggih termasuk situs Web dan database yang berisi berita perusahaan, bentuk, dan informasi kepegawaian. Selain email perusahaan dan accesss internet, intranet umumnya menggabungkan situs internal Web, dokumen, dan / atau database.

thumbnail
Judul: Pengertian Intranet
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Jaringan Komputer :

0 comments:

Posting Komentar

 
Template Seo Elite oleh Bamz