Mengenal Jenis-jenis Monitor

Salah satu bagian yang penting dari komputer adalah monitor, saat  ini telah tersedia berbagai macam jenis monitor, tidak seperti diawal-awal berkembangnya komputer di indonesia, dimana pengguna komputer tidak memiliki pilihan lain selain menggunakan Monitor CRT.

Seiring dengan berkembangnya teknologi monitor, kini telah tersedia beberapa jenis monitor yang lebih ringkas, lebih ramah untuk mata dan mudah digunakan. Sebagai contoh LCD, Plasma, DLP, layar sentuh dan jenis modifikasi lain dari monitor.

Sebelum kita membahas berbagai jenis monitor, mari kita sedikit mengenal tentang monitor. Monitor adalah salah satu perangkat output dalam sistem komputer. Monitor tersedia dalam berbagai ukuran, ukuran sebuah monitor diukur dari panjang diagonal layar pada montor tesebut.

Ukuran monitor yang tersedia dipasaran mulai dari 12" sampai 42", yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Pada artikel ini kita akan membahas tentang beberapa jenis monitor. Beberapa di antaranya sudah tidak banyak lagi digunakan, sementara beberapa dapat ditemukan dengan mudah ditoko-toko komputer.

Monitor CRT

Cathode Ray Tube, atau dengan kata sederhana CRT, adalah jenis monitor yang paling tua di antara semua model yang tersedia dipasaran saat ini.
Jenis-jenis Monitor

Hal terbaik dalam CRT adalah harganya yang murah. Monitor ini memiliki kisaran dinamis tinggi dan warna yang luar biasa dan resolusi dengan sudut pandang yang sangat baik.

Salah satu kelemahan dari monitor ini adalah ukuran dan beratnya. Mengkonsumsi lebih banyak daya, seperti banyak peralatan listrik dan elektronik lainnya. Itu sebabnya, para ahli energi tidak menyarankan untuk membeli CRT.

Monitor LCD

Monitor Liquid crystal display  mungkin bukan monitor dengan teknologi terakhir tapi menggunakan teknologi yang lebih baru jika dibandingkan monitor CRT. Tidak seperti monitor CRT, monitor ini tipis dan ramping sehingga tidak memakan banyak ruang. Monitor ini mengkonsumsi daya listrik rendah
 Jenis-jenis Monitor

Terlepas dari semua karakteristik teknologi, monitor ini mempunyai kelemahan pada terbatasnya sudut pandang, warna, dan kontras.

Monitor Plasma

Layar plasma atau monitor plasma dianggap sebagai layar dengan kontras dan brightness tinggi, mampu menampilkan warna-warna cerah dan tingkat kecerahan yang tinggi yang dapat.

 Jenis-jenis Monitor

Plasma monitor mempunyai sudut pandang, saturasi warna, dan kontras yang sangat baik. Namun, monitor Plasma biasanya berat dan hanya tersedia dalam dimensi yang besar saja.

Monitor SED

SED adalah singkatan dari Surface-conducted electron-emitted display. Monitor jenis ini adalah monitor dengan resolusi tinggi dan layar datar. Beberapa diantaranya mempunyai panjang  diagonal lebih dari 40 inci.
Jenis-jenis Monitor

Unit-unit display terdiri dari electron-emitting array dan lapisan fosfor. Array dan lapisan fosfor dipisahkan oleh lembaran tipis namun memungkinkan udara untuk lewat. SED mengkonsumsi lebih sedikit energi dibandingkan dengan CRT dan dapat menampilkan gambar resolusi yang lebih tinggi.

Jenis Monitor lainnya

Selain, yang disebutkan diatbut dengan Digital Light Processing Monitors, monitor ini dikenal juga sebagai proyektor dan proyektor digital.

Tipe lain lagi dari monitor adalah organic light-emitting diode monitors atau yang sering disebut dengan Istilah OLED. OLED ini sebenarnya sebuah film tipis light-emitting diode, yang kita semua tahu sebagai LED.

Selain itu, ada monitor layar sentuh, display digital dan proyektor menampilkan digunakan untuk tujuan komersial atau tujuan khusus lainnya.
thumbnail
Judul: Mengenal Jenis-jenis Monitor
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Hardware :

0 comments:

Posting Komentar

 
Template Seo Elite oleh Bamz