Pengertian Search Engine

Pengertian Search Engine

Search Engine adalah sebuah program di website tertentu yang dapat digunakan pengguna untuk mencari informasi di Internet. Contoh mesin pencari (search Engine) yang populer Bing, Google  dan Yahoo.

Cara Kerja Search Engine

Pengertian Search Engine
Search engine menggunakan aplikasi perangkat lunak otomatis (disebut sebagai robot, bot, atau spider) yang akan menjelajahi situs-situs web diinternet, mengikuti link dari halaman ke halaman, situs ke situs. Informasi yang dikumpulkan oleh spider yang digunakan untuk membuat index Web.

Setiap mesin pencari menggunakan rumus matematika yang kompleks dan berbeda satu sama lain untuk menghasilkan hasil pencarian. Algoritma mesin pencari mengambil elemen kunci dari suatu halaman web, termasuk judul halaman, konten dan kepadatan kata kunci yang akan menentukan  peringkat halaman web tersebut pada halaman hasil pencarian.

Setiap algoritma mesin pencari adalah unik, sehingga peringkat teratas di Yahoo! tidak menjamin akan mendapat peringkat yang sama pada Google begitu juga sebaliknya. Algoritma yang digunakan oleh mesin pencari tidak hanya dijaga ketat rahasianya, mereka juga terus mengalami modifikasi dan revisi.

Apa Fungsi Search Engine

Internet dapat diibaratkan sebagai perpustakaan yang sangat besar,  tapi bukan berisi buku seperti layaknya pada perpustakan konvensional, tap berisi trilyunan artikel dalam bentuk halaman web.

Setiap perpustakaan memiliki indeks atau katalog buku yang tersimpan disana, yang digunakan untuk membantu Anda dalam mencari buku yang Anda inginkan. DiInternet ada website tertuntu juga yang memiliki fungsi yang sama dengan katalog perpustakaan. Website inilah yang disebut dengan Search Engine atau mesin pencari.


thumbnail
Judul: Pengertian Search Engine
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Internet :

0 comments:

Posting Komentar

 
Template Seo Elite oleh Bamz