Tips dan Cara Merawat Baterai Laptop

Seperti barang elektronik lainnya baterai laptop mempunyai jangka waktu dalam pemakaianya, yang artinya suatu saat sumber daya listrik laptop ini tidak akan bisa digunakan lagi atau rusak. Seberapa lama dia bisa bertahan semua tergantung pada penggunanya. Tergantung dari seberapa cermat anda merawatnya, salah satu cara terbaik merawat baterai laptop adalah dengan menghemat penggunaan dayanya agar tidak terlalu sering diisi ulang.

Bahkan dengan segala kecanggihan teknologi yang ada saat ini, masih belum ada baterai laptop yang bisa bertahan digunakan seharian tanpa harus diisi ulang. Hal ini sering kali menjengkelkan terutama saat kita tidak dapat menemukan colokan listrik untuk mengisi ulang baterai laptop, dan hal ini paling sering terjadi saat kita sangat membutuhkan.

Berikut beberapa tips bagaimana cara merawat baterai laptop dengan cara menghemat penggunaan dayanya agar dapat digunakan lebih lama, sehingga anda tidak lagi keliling mencari colokan listrik untuk mengisi ulang baterai.

Kecerahan layar

Layar adalah salahsatu pengkonsumsi daya baterai yang paling tinggi, sebagian besar daya yang digunakan layar laptop adalah untuk tingkat kecerahan, jadi jika tingkat kecerahan diturunkan konsumsi daya untuk layar akan berkurang dan dengan  sendirinya akan mengurangi daya baterai secara keseluruhan. Jika ruangan telah terdapat penerangan yang cukup, maka tingkat kecerahan layar dapat diturunkan ke tingkat minimal.
Cara Merawat Baterai Laptop



Hentikan Scheduled Tasks

Anti virus dan update otomatis sistem operasi mempunyai jadwal regular untuk melakukan update atau men-scan komputer.  Hentikan scheduled tasks dan ganti dengan melakukannya secara  manual, hal ini akan menghemat daya baterai, Jalan update atau scan virus saat laptop terkoneksi dengan listrik.

Tip's Merawat Baterai Laptop

Lepaskan Semua Perangkat USB

Saat laptop anda terkoneksi perangkat eksternal seperti Flashdisk, hardisk external, CD-Rom External atau yang lainnya, daya baterai akan ikut terkuras, karena biasanya perangkat-perangkat eksternal tersebut mengambil sumber daya dari laptop walaupun tidak sedang diakses. Jadi jika anda akan menggunakan file dari flashdisk atau hardisk external sebaiknya file tersebut dicopy ke hardisk laptop dan lepaskan setelah proses copy telah selesai.

Matikan Semua Aplikasi Messanger

Dengan mematikan semua aplikasi messanger yang sedang berjalan pada laptop seperti Yahoo messanger, GTalk, Skype dan lain-lain, anda akan menghemat banyak daya baterai karena aplikasi-aplikasi ini akan terus menerus melakukan koneksi ke Internet walaupun tidak sedang digunakan.

Mute Volume Speaker Bawaan
Jika sedang menggunakan laptop anda tidak menggunakan volume control, untuk mendengarkan musik atau suara-suara efek sistem  operasi matikan saja, karena percaya atau tidak walaupun bar pengatur volume telah berada dititik paling bawah tetap menarik daya baterai. Jadi sebaiknya dimatikan saja atau dimute.
Cara Merawat Baterai Laptop

Matikan Wifi

Wifi pada laptop biasanya secara default dalam keadaan aktif jadi akan selalu siap jika akan digunakan setiap saat. Namun dalam keadaan aktif Wifi akan selalu men-scan jaringan wifi yang ada disekitarnya, hal ini juga akan menyerap daya baterai, jadi jika anda tidak sedang terkoneksi pada jaringan Wifi, lebih baik Wifi laptop di non aktifkan

Bersihkan Elemen Penghubung Baterai
Elemen penghubung baterai dengan laptop perlu dibersihkan sesekali karena hal ini dapat memperpanjang umur penggunaan baterai laptop. Elemen penghubung ini dibersih dengan menggunakan alkohol yang dicampur air, yang kemudian diusapkan ke elemen penghubung tersebut dengan menggunakan kapas atau tisu. Setelah dibersihkan pastikan telah dalam keadaan kering saat  dipasang kembali.

thumbnail
Judul: Tips dan Cara Merawat Baterai Laptop
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Tip's Komputer :

0 comments:

Posting Komentar

 
Template Seo Elite oleh Bamz