Pengertian Keyboard dan Fungsinya

Keyboard merupakan alat input utama dari sebuah komputer, apa pun yang anda lakukan mengetik surat atau mengolah data numerik menggunakan komputer, pasti membutuhkan keyboard untuk memasukkan informasi kedalam komputer. Tapi apakah anda tau kalau dengan menggunakan keyboard kita dapat mengontrol komputer. Mengetahui pengertian keyboard dan fungsinya masing-masing serta cara menggunakan shortcut key dapat membantu anda untuk bekerja lebih efisien.

Pengertian Keyboard

Keyboard adalah perangkat input dari sebuah sistem komputer yang dapat digunakan untuk memasukkan karakter atau perintah dengan menekan tombol-tombolnya. Perangkat utama untuk memasukkan teks. Sebuah keyboard biasanya terdiri atas tombol-tombol huruf, angka dan karakter khusus serta tombol fungsi untuk tugas tertentu. Keyboard terhubung ke komputer menggunakan kabel atau nirkabel.

Hampir semua keyboard yang ada dipasaran saat ini mempunyai layout atau tata letak yang sama. Yang terdiri atas tombol individual untuk huruf dan tombol-tombo kombinasi untuk angka dan karakter khusus. Tata letak tombol keyboard ini mengikuti tata letak tombol pada mesin ketik yang menggunakan tata letak yang disebut dngan QWERTY yang dinamai berdasarkan urutan enam huruf pertama yang terdapat dikiri atas.

Layout keyboard ini tidak berubah selama bertahun-tahun. Hal ini tentunya memudahkan untuk pengguna untuk berganti-ganti jenis komputer tampa mempengaruhi keterampilan dalam mengetik.

Fungsi Keyboard

Tombol-tombol yang terdapat pada keyboard dapat dikelompokkan dalam beberapa bagian berdasarkan fungsinya
  • Tombol ketik (Alphanumerik), tombol ini terdiri atas tombol huruf, angka, tanda baca dan karakter simbol yang seringkali digunakan saat melakukan pengetikan.
  • Tombol kontrol, yang terdiri atas tombol Ctrl, Alt, Tombol windows dan Esc. Tombol-tombol ini biasanya digunakan dengan dikombinasikan dengan tombol lain untuk melakukan tugas tertentu kecuali tombol Esc yang dapat digunakan tanpa dikombinasian dengan tombol lain.
  • Tombol fungsi, yang terdiri atas tombol F1, F2, F3... F12 Tombol ini biasanya digunakan untuk melakukan satu tugas spesifik dimana fungsi dari masing-masing tombol ini tergantung dari program aplikasi yang sedang dijalankan, namun biasanya tombol F1 digunakan untuk menampilkan file dokumen bantuan dari program aplikasi.
  • Tombol Navigasi, yang terdiri atas tombol anak panah, Home, End, PageUp, Page Down, Delete dan Insert. Tombol-tombol ini berfungsi untuk navigasi dalam dokumen atau halaman website.
  • Keypad Numerik. kumpulan tombol angka yang biasanya terdapat dibagian kanan keyboard dengan tata letak seperti kalkulator, yang sangat berguna untuk memasukkan angka dengan cepat.

Saat mengetik menggunakan keyboard seringkali anda harus menekan lebih dari satu tombol pada waktu yang bersamaan. misalnya, untuk menampilkan huruf kapital "B" anda harus menekan tombol Shift dan tombol "B" secara bersamaan. Contoh lain,  sebagian besar program aplikasi biasanya menggunakan kombinasi Ctrl dan huruf "S" untuk menyimpan.Jika anda telah lama menggunakan komputer dalam pekerjaan sehari-hari kombinasi ini tentu bukan hal yang asing.

Keyboard shortcut

Keyboard shortcut adalah salah satu cara untuk mempercepat untuk memasukkan perintah kedalam komputer dengan menggunakan kombinasi tombol keyboard. Hampir setiap tindakan atau perintah yang biasanya dilakukan dengan menggunakan mouse dapat dilakukan dengan lebih cepat dengan menggunakan keyboard shortcut.


Daftar keyboard shortcut pada sebuah aplikasi biasanya terdapat pada menu, anda hanya perlu membukasalah satu menu yang tersedia tombol shortcut biasanya terdapat disamping item menu (jika tersedia).
thumbnail
Judul: Pengertian Keyboard dan Fungsinya
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Hardware :

0 comments:

Posting Komentar

 
Template Seo Elite oleh Bamz