Cara Merakit Komputer


Dalam postingan ini anda akan mempelajari hal-hal dasar tentang cara merakit komputer. Ketika ingin membeli komputer, kebanyakan orang mendatangi toko-toko komputer dan membeli komputer dari berbagai merk yang tersedia.

Anda akan terkejut jika mengetahui betapa mudahnya merakit sendiri sebuah komputer atau meminta bantuan dari keluarga atau teman untuk membantu anda merakit komputer. Semua PC dari merk-merk ternama seperti HP, Acer, Sony, Toshiba menawarkan PC yang telah mereka rakit sendiri dengan spesifikasi menurut mereka yang terbaik untuk sebuah PC, terkecuali Dell dimana mereka dapat membangun sebuah PC dengan Spesifikasi yang kita berikan namun mereka akan mebangunnya sesuai dengan standar mereka sediri. Namun jika anda membangun PC anda sendiri anda akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah dengan spesifikasi yang sama dengan PC buatan Merk-merk terkenal.

Cara merakit komputer yang baik adalah sebagai berikut, mulai dengan komponen-komponen dasar dari sebuah sistem komputer.
- Casing komputer
- Motherboard
- Prosessor dan Kipas pendinginnya
- Hardisk
- Memory (RAM)
- Power Supply
- Kabel Power
- Keyboard dan Mouse
- Kartu Grafis (Jika merakit komputer dengan spek tinggi seperti komputer yang akan digunakan untuk bermain game 3D atau mengolah citra 3 dimensi, maka anda membutuhkan kartu grafis untuk mengolah gambar 3 dimensi, tapi jika tidak maka cukup menggunakan kartu grafis yang telah ditanam di motherboard)

Prosesor
Intel dan AMD adalah dua merk yang terkenal ketika berbicara mengenai prosesor. Kedua perusahaan ini memiliki kelebihan masing-masing, prosesor intel lebih banyak digunakan oleh pengguna komputer diseluruh dinia, sedangkan AMD menawarkan prosesor dengan harga yang lebih terjangkau. Ketika mencari prosesor pertimbangkan secara bijaksana dan bertanya pada diri sendiri apakah anda membutuhkan prosesor keluaran terakhir dengan harga yang pasti selangit dibandingkan dengan prosessor generasi sebelumnya yang telah lama beredar dengan harga yang jauh lebih murah karena pengaruh keluarnya generasi baru ini. Performa keduanya jika digunakan dalam pekerjaan sehari-hari tidak lah jauh berbeda komputer hanya membutuhkan power dan kecepatan tinggi pada pekerjaan-pekerjaan berat. 

Ingatlah selalu untuk tetap menekan harga dalam membeli setiap komponen komputer, kunjungilah beberapa toko komputer untuk membandingkan harga, komponen-komponen dasar seperti casing biasanya tersedia dalam berbagai bentuk merk dan harga pililah sesuai dengan kebutuhan dan selera anda tidak perlu membeli casing yang mempunyai banyak asesoris atau casing untuk komputer spek tinggi sedangkan anda cuman membangun komputer spek rendah, ingatlah untuk mengutamakan fungsi dibanding penampilan, untuk RAM gunakan sesuai dengan kebutuhan anda tidak perlu membeli RAM dengan kapasitas setinggi-tingginya jika hanya untuk dipakai dirumah dengan pekerjaan-pekerjaan ringan, lain halnya jika komputer yang anda bangun ini akan digunakan untuk bermain game yang mensyaratkan spek tinggi untuk memainkannya.

Merakit komputer tidak sesulit yang anda bayangkan asalkan anda berani mencoba dan banyak membaca artikel tentang cara merakit komputer. Masing-masing komponen komputer telah didesain agar tidak terjadi kesalahan pada saat dipasang, jika anda mencobanya untuk pertama kali sebaiknya saat merakitnya dalam pengawasan seseorang yang lebih berpengalaman, karena ada beberapa komponen seperti RAM dan Hardisk yang perlu penanganan secara hati-hati karena rentan akan listrik statis. 

Merakit PC anda sendiri memberikan anda fleksibilitas yang tidak diberikan oleh sebagian besar produsen komputer, disamping itu harga total jika anda merakit komputer sendiri  akan jauh lebih murah dan anda akan lebih mengenal sistem komputer itu sendiri lebih mendalam. Anda akan terkejut dengan kenyataan merakit komputer sendiri tidak membutuhkan pengetahuan teknikal yang tinggi.
thumbnail
Judul: Cara Merakit Komputer
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Tip's Komputer :

0 comments:

Posting Komentar

 
Template Seo Elite oleh Bamz