Mengenal Virus Komputer dan Malware

Mungkin seringkali mendengar tentang Virus Komputer, baik dari berbagai media massa baik yang online maupun offline. Sedini mungkin anda sebaiknya mengenal Virus komputer, Virus yang dimaksud disini tentu saja bukan seperti virus yang dapat membuat anda menjadi sakit. Bahasan mengenai virus komputer pada artikel ini adalah jenis virus yang menjangkiti komputer anda melalui koneksi jaringan internet.

Kesalahan yang paling mendasar yang seringkali dilakukan berbagai media tentang virus adalah mereka cendrung menyebut malware (program komputer yang berbahaya) sebagai virus komputer. Padahal pada kenyataannya paling tidak ada sebelas jenis berbeda dari malware atau yang sering juga disebut sebagai malicious software yang saat ini dapat menyerang sebuah sistem komputer, paling umum yang mungkin telah sering anda dengar seperti Worm, trojan dan spyware namun sebagian besar dari program-program berbahaya ini telah dapat dideteksi oleh anti virus yang ada saat ini.

Mengenal Virus Komputer dan membedakannya dari malware lain
Jadi apa perbedaan antara Virus Komputer dengan malware lain? 
Virus Komputer, ciri yang paling menonjol dari malware ini adalah satu-satunya malware yang secara teratur merestart atau mematikan bahkan melumpuhkan komputer anda sehingga tidak dapat lagi digunakan sebagai mana mestinya

Worm terkenal karena kemampuannya untuk merusak, menghancurkan atau mengacaukan jaringan komputer tanpa mengganggu jaringan tempat dia berada. Contoh worm digunakan oleh seorang pemilik sebuah website untuk mengacaukan jaringan komputer website saingannya dengan cara mengirim banyak permintaan ke webserver website tersebut. Worm juga dapat digunakan untuk mengirim virus kekomputer lain tanpa menginfeksi komputer dimana dia berada saat itu.

Trojan adalah sebuah program komputer yang melekat pada program lain yang digunakan sebagai pintu masuk worm atau virus komputer, trojannya sendiri sebenarnya tidak menimbulkan kerusakan pada komputer.

Spyware, malware ini yang sebenarnya tidak terlalu berbahaya diantara yang lain, karena malware ini hanya tertarik dengan kebiasaan anda ketika menggunakan, kemudian data tersebutkan akan dikirimkan ke program lain yang disebut dengan adware, yang  untuk menentukan iklan apa yang akan ditampilkan ketika anda sedang browsing internet. Namun ada juga spyware  yang fungsinya untuk mencuri data keuangan atau pencurian identitas. Untuk menghindari malware seperti ini jangan pernah menyimpan data keuangan dikomputer anda kecuali anda yakin kalo komputer tersebut telah benar-benar bebas spyware, meski demikian spyware tertentu mempunyai program keylogger didalamnya, yang berfungsi untuk merekam semua aktivitas yang anda lakukan dengan keyboard, semua yang anda ketik melalui keyboard akan dicatat dan disimpan oleh program ini, jadi ketika anda mengetik username dan password untuk sebuah website program ini akan menyimpannya.

Setelah anda mengetahui tentang perbedaan-perbedaan ini mungkin ada sudah bisa mengerti kesalahan-kesalahan fatal dari media yang menyebut semua program malware adalah virus komputer, sehingga pemahaman awam yang terjadi adalah seperti ini "semua malware adalah virus komputer, virus membuat kinerja komputer tidak normal dan tidak akan berhenti sampai komputer tersebut lumpuh tidak bisa digunakan, jika komputer yang saya gunakan bekerja dengan normal berarti komputer tersebut bebas virus komputer"

Berdasarkan pemahaman tersebut banyak orang yang akhirnya tidak menggunakan anti virus atau mempunyai anti virus tapi tidak pernah melakukan update, sehingga anti virus yang terdapat dikomputer tersebut dibiarkan berbulan-bulan melewati masa updatenya. Hingga pada suatu saat ketika melakukan update atau menginstall anti virus dan menemukan ternyata didalam komputernya terdapat banyak sekali malware yang telah berkembang biak sambil berfikir bertanya-tanya "kemarin-kemarin kayaknya tidak ada virus di komputerku" dan ini telah terlambat karena siapa pun tidak akan tahu telah berapa banyak kerusakan atau data yang dicuri oleh malware tersebut.
thumbnail
Judul: Mengenal Virus Komputer dan Malware
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Software :

0 comments:

Posting Komentar

 
Template Seo Elite oleh Bamz